Ratusan Motor Ikut Konvoi MotoGP, Kawasan Silang Monas dan Medan Merdeka Ditutup Sementara

Jelang parade konvoi MotoGP, aparat kepolisian menggelar apel keamanan di Silang Monas. Untuk mengamankan jalannya parade dalam rangka promosi Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, aparat kepolisian akan menutup sejumlah ruas jalan. Jalan yang ditutup adalah jalan yang dilewati oleh Marc Marquez, Enea Bestianini hingga Fabio Quartararo.

Rencananya para riders ini akan berkonvoi di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Merdeka melewati Jalan MH Thamrin hingga Hotel Kempinski. Ruas jalan tersebut bakal ditutup sejak pukul 09.00 WIB hingga konvoi selesai. "Skenario untuk pelaksanaan agenda dan pengamanan parade MotoGP. Jadi rombongan ini terbagi dalam Grup A yang terdiri dari 20 pembalap MotoGP, Grup 60 pembalap pabrikan dan Grup C terdiri300 500dari komunitas sepeda motor yg ada di Jakarta," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022).

Sementara itu untuk skenario iring iringan, Sambodo mengatakan bahwa semua rombongan akan turut serta dalam konvoi secara bergiliran. Dari tiga grup rombongan akan memulai start dari Istana Merdeka dan dilepas oleh Presiden Joko Widodo. "Semua start dari Jalan Medan Merdeka Utara di depan Istana. Lalu jam 08.30 jalan di sekitaran Gambir yang menuju ke Istana dan Veteran 1, 2 dan 3 itu sudah kita tutup. Kita lakukan sterilisasi di Jalan Medan Merdeka Utara dan Veteran," jelas Sambodo.

"Untuk rute dari sana ke hari kemudian untuk yang grup A akan finish di Kempinski dan yang grup B dan C akan kembali ke Monas. Jalan yang menjadi rute parade akan ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan kemacetan sehingga tidak terlalu menimbulkan kepadatan di Jalan Thamrin," tutup Sambodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.