Jokowi Jajal Minicab MiEV, Presdir Mitsubishi Harap Pemerintah Dukung Akselerasi Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, menjajal kendaraan listrik komersial Mitsubishi Minicab MiEV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, mengapresiasi perhatian dan dukungan Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia terhadap kegiatan pameran otomotif sebagai barometer industri otomotif di Indonesia. "Kami berharap dengan pulihnya situasi pandemi, serta terlaksananya berbagai kegiatan dan inisiatif dari berbagai pihak dan tentunya dukungan dari pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri otomotif selanjutnya dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Kami juga berharap dukungan tersebut mencakup akselerasi kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya, terutama terkait Hybrid, Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV)," terang Nakamura, Rabu (17/11/2021).

Selain Minicab MiEV, MMKSI menghadirkan Mitsubishi Outlander PHEV, sebagai model SUV Plug in Hybrid Electric Vehicle, yang telah dipasarkan di Indonesia sejak 2019. Outlander PHEV disebut menjadi bukti komitmen dan inisiatif Mitsubishi Motors dalam mendukung Pemerintah Indonesia dalam studi dan pengembangan mobil listrik di Indonesia. GIIAS 2021, merupakan kesempatan yang terbaik bagi konsumen Mitsubishi Motors untuk dapat memiliki Outlander PHEV, dengan adanya program harga spesial disamping program penjualan menarik lainnya.

Kedua kendaraan listrik ini masih dapat dilihat di booth Mitsubishi Motors di GIIAS 2021 hinggal 21 November mendatang. Jokowi juga melihat beberapa line up yang ditampilkan MMKSI, termasuk model small MPV terbaru yakni New Xpander, dimana Presiden sempat masuk dan duduk di kursi pengemudi kendaraan terbaru tersebut. Nakamura juga menjelaskan bahwa New Xpander telah memiliki kandungan lokal 80 persen dan populasinya sudah mencapai 210.000 di Indonesia sejak diperkenalkan di 2017 lalu.

Secara total kumulatif sebesar 372,000 di dunia, dimana hampir 40 negara telah menjadi pasar ekspornya. Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. Untuk itu, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangannya usai meninjau pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, pada Rabu, (17/11/2021). "Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Presiden. Pada pameran GIIAS tahun 2021 kali ini, Presiden juga meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Di sejumlah stan, Presiden juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Selain itu, Presiden juga bertemu dengan sejumlah CEO dari para produsen mobil yang hadir dalam pameran yang mengusung tema "Wheels to Move" tersebut. "Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama sama untuk masa yang akan datang," imbuh Presiden. Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev.

Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.